Pemuda Muhammadiyah Ranting Sumberagung - Brondong - Lamongan

27 January 2013

PAN Targetkan Penuhi 30 Persen Caleg Perempuan

Jurnas.com | Partai Amanat Nasional (PAN) mengaku berusaha mencapi target anggota legislatif pada pemilu 2014 nanti sebanyak 30 persen. Untuk itu, berbagai upaya telah dan terus akan dilakukan jelang dilakukannya pemungutan suara.

PAN menargetkan memenuhi kuota 30% perempuan,” kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP PAN Viva Yoga Mauladi, di Jakarta, Minggu, (6/1).


Viva mengatakan bahwa partainya akan memberikan prioritas kepada para kader untuk maju pada pemilu mendatang guna menjadi anggota legislatif. Kebijakan tersebut didasarkan pada wujud apresiasi partai kepada masing-masing kader yang selama ini telah membuktikan pengabdian kepada partai. “Karena kader partai tiap hari bekerja dan berjuang untuk membesarkan partai. Mereka berjibaku setiap hari dalam mengangkat martabat partai,” lanjut Viva.
Terkait caleg dari kalangan artis, Viva mengaku kelompok masyarakat yang satu itu memang masing ikut memberi kontribusi dalam perolehan suara. Hanya saja, Viva menegaskan bahwa partainya tidak menggantungkan sepenuhnya perolehan suara dari kelompok artis. Sebab, masih banyak kalangan-kalangan di masyarakat yang harus diakui mempunyai dukungan suara besar dari para pemilih. “Artis dari sisi popularitas sudah tinggi, tapi belum tentu memiliki elektabilitas yang tinggi pula,” ujar Viva.

Untuk itu Viva mengingatkan seluruh artis yang akan maju pada pemilu 2014 nanti untuk mewaspadai berbagai dinamika pada masyarkat. Sebab, popularitas seorang artis belum menjamin dipilih oleh rakyat pada suatu pemilihan umum. “Bagi artis yang mau menjadi caleg harus hati-hati karena tidak bisa mengandalkan diri dari popularitas saja. Mereka juga harus membangun jaringan baru dan harus sering turun menyapa konstituen,” himbau Viva.

PAN juga membuka peluang kepada seluruh elemen masyarakat untuk bergabung dan maju sebagai calon legislatif pada pemilu 2014 nanti. Sebab, menurut Viva tidak ada kata tidak tertutup bagi warga masyrakat yang ingin membangun negeri bersama partainya. “Apakah itu tokoh agama, tokoh adat, tokoh kampus, tokoh masyarakat, pengusaha, kaum profesional, unsur TNI/Polri, silahkan, pintu terbuka luas,” ajak Viva.

Meskipun, Viva mengakui semua calon legislatif yang akan maju pada pemilu 2014 melali partainya harus melewati semua ketentuan berlaku. Viva meyakinkan tidak ada perlakuan khusus bagi satu calon legislatifpun yang akan maju melalui partainya. “Para caleg akan diseleksi sesuai mekanisme partai yang tertuang dalam pedoman organisasi tentang pencalegan PAN,” pungkas Viva.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan komentar yang sopan dan tanpa menyinggung siapapun, terimakasih atas partisipasinya.

Powered by Blogger.